Pengembangan Sistem Informasi Desa untuk E Government di Desa Girikerto

Wuri Rahmawati, Zahra Arwananing Tyas

Sari


Sistem Informasi Desa telah dikembangkan Desa Girikerto berbasis web. Hal ini untuk mengikuti perkembangan teknologi yang sangat pesat dan dalam upaya memenuhi kebutuhan masyarakat tertakait kecepatan informasi dan mewujudkan e-government di Desa Girikerto. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengelolaan website Desa Girikerto dalam upaya implementasi e-government. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan penentuan sampel secara purposif. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunujukkan bahwa pengelolaan website Desa Girikerto http://desagirikerto.blogspot.com belum berjalan dengan optimal sehingga informasi yang tersedia sangat tidak up to date, tidak bervariasi dan content terakhir di upload pada tahun 2014 yang lalu. Berdasar temuan ini maka implementasi e-government di Desa Girikerto belum berjalan karena tidak ada informasi baik mengenai program, penganggaran, maupun data-data desa yang dapat diakses setiap saat oleh masyarakat luas. Kendala yang dihadapi pemerintah Desa Girikerto dalam pengelolaan website antara lain belum menjadi prioritas program dalam pengelolaan website, masih memandang bahwa yang penting terdapat outputnya dulu berupa media daring tetapi belum sampai pada outcome, keterbasan sumberdaya manusia yang mempunyai kapabilitas dan juga waktu untk mengelola website secara kontinyu, keterbatasan kemampuan jurnalistik (menulis,fotografi) sehingga mengalami kendala untuk menjadikan berbagai kegiatan desa menjadi berita dan belum ada tim pengelola khusus untuk mengelola sistem informasi desa di media daring.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arief & M. Rudyanto. (2011) Pemrograman Web Dinamis menggunakan PHP dan MySQL. Yogyakarta: Andi Publisher.

Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2003 Tentang Kebijakan Dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government

Mansur & Kasmawi. (2017). Pengembangan Sistem Database Terpadu Berbasis Web untuk Penyediaan Layanan Informasi Website Desa,Jurnal TEKNOSI, Vol. 3 (1), pp. 73-82.

R. Fitri, A.N. Asyikin & A.S.B. Nugroho. (2017). Pengembangan Sistem Informasi Desa untuk Menuju Tata Kelola Desa yang Baik (Good Governance) Berbasis TIK, Jurnal Positif, vol. 3, no. 2, pp. 99-105.

S. Hartati & P. Pertiwi. (2014). Pemanfaatan Electronic Government dalam pemberdayaan pemerintah dan potensi desa berbasis web pada desa Bogorejo, Kecamatan Gedong Tataan.Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), Vol. 3, pp. 11-20.

Sibero & F. K. Alexander. (2011). Kitab Suci Web Programing. Yogyakarta : MediaKom.

Sugiono (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.