Game Petualangan Kucing Merah Untuk Mengenal Kepulauan Riau Berbasis Android

Naura Syauqina Firdausa, Nurirwan Saputra, Setia Wardani

Sari


Kepulauan Riau merupakan provinsi baru hasil pemekaran dari provinsi Riau. Di timur Kepulauan Riau terdapat Pulau Kalimantan. Di Pulau Kalimantan terdapat fauna endemik, salah satunya Kucing Merah. Kucing Merah merupakan Kucing Kalimantan atau Kucing Borneo. Banyak masyarakat yang ada di Indonesia belum mengetahui wawasan tentang kekayaan alam yang ada di Kepulauan Riau dan belum mengenali hewan-hewan langka yang ada di Kalimantan. Untuk meningkatkan budaya nasional dan dapat mengenalkan kepulauan yang ada di Indonesia yaitu Kepulauan Riau dan hewan-hewan langka yang ada di Indonesia seperti Kucing Merah yang ada di Pulau Kalimantan. Berdasarkan permasalahan yang ada, khususnya untuk pemuda Indonesia yang saat ini banyak sekali yang bermain game, maka akan dibuat solusi dengan mengembangkan Game Petualangan Kucing Merah Untuk Mengenal Kepulauan Riau Berbasis Android. Tahapan yang dilakukan untuk melakukan proses pembangunan aplikasi tersebut meliputi analisis permasalahan dan kebutuhan, perancangan sistem dan desain antarmuka aplikasi, sehingga aplikasi yang terbentuk menjadi mudah digunakan. Game Perangkat lunak yang digunakan yaitu RPG Maker MV, Adobe Photoshop CS3 dan Android Studio. Berdasarkan hasil pengujian, dapat dibuktikan dengan nilai terbanyak hasil uji coba yang dilakukan yaitu uji coba tampilan game 50% menjawab baik, kemudahan memahami game 52% menjawab mudah, daya tarik game 48% menjawab menarik, manfaat game 62% menjawab bermanfaat, kinerja game 50% menjawab baik, mengenal dan meningkatkan budaya nasional 56% menjawab sangat baik, dan rekomendasi game 48% menjawab direkomendasikan. Maka dapat disimpulkan bahwa game tersebut menunjukkan game dapat berjalan dengan baik dan sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Syam, “Sejarah Dan Potensi Kepulauan Riau,” Wartawisata.ID, Jun. 17, 2018. https://wartawisata.id/2018/06/17/sejarah-dan-potensi-kepulauan-riau/ (accessed Jul. 19, 2020).

I. D. N. Times and R. E. Putri, “5 Fakta Kucing Merah, Hewan Liar Endemik Kalimantan yang Hampir Punah,” IDN Times. https://www.idntimes.com/science/discovery/rahmadila-eka-putri/5-fakta-kucing-merah-hewan-liar-endemik-kalimantan-yang-hampir-punah-c1c2 (accessed Jul. 21, 2020).

“Kucing Borneo, Kucing Merah dari Pulau Kalimantan - Bobo.” https://bobo.grid.id/read/08677455/kucing-borneo-kucing-merah-dari-pulau-kalimantan (accessed Jul. 21, 2020).

alamendah, “Kucing Merah (Pardofelis badia), Kucing Endemik Kalimantan,” Alamendah’s Blog, Mar. 25, 2010. https://alamendah.org/2010/03/25/kucing-merah-pardofelis-badia-kucing-endemik-kalimantan/ (accessed Jul. 19, 2020).

A. Saputro, “Mudah Membuat Game Adventure Menggunakan Adobe Flash CS6 ActionScript 3.0,” Yogyakarta: Andi Offset, 2016.

P. H. Putri, “Perancangan Game Design Document Serious Game Permainan Tradisional Angklek Sleman Yogyakarta,” Semin. Nas. Inform., vol. 1, 2015.

F. H. Saputri, “Pembuatan Game RPG ‘Roro Joggrang’ Dengan RPG Maker MV,” Univ Trisakti, 2016.

R. Gunawan, “Pembuatan Game RPG ‘Si Bolang’ Menggunakan RPG Maker VX,” STMIK AMIKOM Yogyak., 2014.

E. Purwita Sari, “Perancangan Permainan Role Playing Games ‘Petualangan Modo’ Pada Komputer Desktop,” STMIK AMIKOM Yogyak., 2014.

“Pengertian Use Case Diagram : Tujuan, Fungsi, Simbol, dan Contohnya,” Ansori Web. https://www.ansoriweb.com/2020/03/pengertian-use-case-diagram.html (accessed Jul. 20, 2020).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.