RANCANG BANGUN SISTEM PELACAKAN ANAK BERBASIS ANDROID

Desinta Ningrum Belsa Putri, Meilany Nonsi Tentua, Marti Widya Sari

Sari


Setiap orang tua memiliki banyak kegiatan atau kesibukan yang tak dapat dihindari.Kesibukan ini mengurangi pengawasan dan pematauan setiap aktivitas anak-anaknya.Kekhawatiran orang tua dalam hal pengawasan keberadaan dan pemantauan aktivitas anak menjadi salah satu permasalahan yang kerap dihadapi.Melatih anak bersiap diri menghadapi dunia yang terkadang berbahaya ini, tumbuhkan dulu rasa aman di dalam dirinya.Wajar bila sesekali mengingatkan anak akan kemungkinan diculik atau ditipu orang yang belum maupun yang sudah dikenalnya tanpa harus berarti melindunginya secara berlebihan Peningkatan pengawasan terhadap anak dibutuhkan tanpa mengurangi kebebasan anak untuk belajar dan mengeksplorasi lingkungannya.Salah satu alternatif yang memungkinkan pelacakan keberadaan, lokasi dan akurasi yang cukup baik adalah menggunakan Geo Potitioning System (GPS). GPS ini dikemas dalam bentuk yang fleksibel sehingga dapat membantu mempermudah orang tua mengawasi anak-anaknya dalam range area yang masih dapat dijangkau oleh mereka dan menemukan posisi anak ketika terpisah dari orang tuanya. Pengintegrasian google api yang terintegrasi aplikasi ini sangat membantu dalam pelacakan karena orang tua yang dapat memperkirakan posisi kasar tracker. Sistem dapat mengirim informasi lokasi anak yang hilang atau tersesat pada aplikasi smartphone yang digunakan oleh orangtua.Aplikasi sabuk GPS ini telah dapat memberikan kemudahan kepada orang tua dalam pelacakan atau untuk mengetahui keberadaan anak.

Kata kunci :Geo Potitioning System (GPS), Google APLs, tracker, smartphone


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Musbikin Imam. (2012). Pintar Mengatasi Masalah Tumbuh Kembang Anak, FlashBooks, Yogyakarta

Asmani, Jamal Ma’mur. (2009). Manajemen Strategis Pendidikan Anak Usia Dini, Diva Press, Yogyakarta.

Mahdiyana. (2017). Desain Series Sepatu Anak Dengan Alat Pelacak Di Ruang Publik Berkonsep Karakteristik Hewan, Tugas Akhir, Jurusan Desain Produk Industri, Fakultas Teknik Sipil Dan Perencanaan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Ramadi. (2011). Pembuatan Aplikasi Histori Perjalanan GPS Berbasis WEB, Tugas Akhir, Teknik Informatika, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta.

Sabrani. (2012). Bandung – ITB Guide Aplikasi Berbasis Layanan Lokasi Menggunakan GPS dengan Sistem Client Server pada Sisi Server, Tugas Akhir, Teknik Informatika, ITB, Bandung.

Segara, R. (2017).Sistem Pemantauan Lokasi Anak Menggunakan Metode Geofencing Pada Paltform Android, Tugas Akhir, Teknik Informatika, STIKI Malang, Malang.

Sutanto, T. (2015). Rancang Bangun Sistem Informasi Pelacakan dan Pemantauan Paket Kiriman Berbasis WEB dengan Bantuan Mobile Android, Tugas Akhir, Sistem Informasi, STIMIK Surabaya, Surabaya.

Waluyo, A. (2017). Rancang Bangun Sistem Otomasi Pakan Ikan Menggunakan ESP8266 Berbasis Web, Tugas Akhir, Teknik Elektro, Universitas Teknologi Yogyakarta, Yogyakarta.

Peter dan Joe.NMEA DATA. Diambil dari: http://www.gpsinformation.org/dale/nmea.ht ml. (7 Januari 2018)


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.