APLIKASI PENILAIAN PESERTA DIDIK BERBASIS KURTILAS DI KB-TK AMAL INSANI YOGYAKARTA

R Hafid Hardyanto, Hasti Hasanati Marfuah

Sari


Aplikasi Pengolahan Nilai Siswa merupakan salah satu alat bantu penilaian pembelajaran untuk mengolah nilai siswa sehingga mampu menghasilkan informasi dan laporan yang lebih cepat dan akurat. Berdasarkan survei lapangan yang dilakukan peneliti di KB-TK Amal Insani didapatkan belum adanya aplikasi penilaian siswa.Masalah yang muncul di KB-TK Amal Insani adalah lamanya mengolah nilai dari siswa, karena belum adanya sebuah sistem bantu pengolahan nilai. Untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan sebuah sistem pengolahan nilai yang mampu membantu guru dalam mengolah nilai siswa. Sistem tersebut merupakan sistem yang berbasis komputer. Metode perancangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode riset dan pengembangan, dengan model proses prototyping. Prosedur pengembangan terdiri dari Communication, Planning, Modeling. Perancangan modeling menggunakan UML, yang dirancang berdasarkan tiga kategori yang terdiri dari structure diagram , behavior diagram , dan interaction diagram . Produk yang dihasilkan pada penelitian ini berupa perangkat lunak Aplikasi penilaian peserta didik berbasis komputer yang dapat dijalankan pada laptop / pc yang ada di KB-TK Amal Insani. Hasil yang didapatkan: Aplikasi penilaian ini dapat dijalankan pada 5 web browser yang berbeda, b). Dari segi keamanan aplikasi ini lolos uji 6 parameter uji keamanan, c). Aplikasi Penilaian peserta didik KB-TK Amal Insani layak dengan response time kurang dari 10 detik, d). Pengujian aplikasi penilaian didapatkan jika parameter “Pages dan Hits” mencapai keberhasilan minimal 95% dan “Errors” maksimal 5%. Dengan pengujian tersebut, maka aplikasi penilaian peserta didik KB-TK Amal Insani layak digunakan.

Kata-kata kunci: Aplikasi Pengolahan Nilai, Pembelajaran, Komputer


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Burch, John dan Gary Grudnitski. 1986. Information Systems theory and Practice. Terjemahan Jogiyanto. Edisi Keempat. New York : John Wiley & Son.

Kadir, Abdul. (2004). Dasar Pemerograman Web Dinamis Menggunakan PHP. Yogyakarta: Andi.

K. Toni, Migunani.,and H. Arief, “Perancangan Sistem Pengolahan Nilai Rapor Berbasis Web (Studi Kasus Pada SMA Kebon Dalem)”, Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, ISSN:2087-0868, Volume 4 Nomor 2 Agustus 2013, pp.37-42.

Nugroho, Adi. (2005). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Dengan Metodologi Berorientasi Objek.Bandung: Informatika.

Robert A, Leitch dan K. Roscoe Davis. 1983. Accounting Information Systems. Terjemahan Jogiyanto. Edisi Keempat. New Jersey : PresticeHall.

T. Sella, M. Wardani, and Suryatiningsih, “Web Based Application of Score Processing at Elementary School (Case Study: SD Negeri Banjaran 04)”,eProceeding of Applied Science, ISSN : 2442-5826, Vol.3, No.2 Agustus 2017, Page 802-813.

V. Norman, “Student Engagement and Blended Learning: Making the Assessment Connection”, Education sciences ISSN: 2227-7102, April 2014, doi:10.3390 /educsci4040247, pp.247-264.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.