Efektifitas Modul Pemrograman Arduino Menggunakan Scratch Untuk Siswa Sekolah Dasar (SD)
Sari
Kebutuhan penguasaan bahasa pemrograman komputer semakin terasa, bukan hanya di kehidupan sehari-hari, tetapi dalam dunia pendidikan telah banyak diajarkan, diantaranya dalam bidang Sains, Teknologi, Teknik dan Matematika (STEM). Dibutuhkan metode pembelajaran yang baru agar proses pembelajaran bahasa pemrograman terasa nyaman. Solusi yang diberikan adalah proses pembelajaran dengan praktik disertai dengan module. Disini yang akan diajarkan adalah pemrograman Arduino dengan Scratch. Arduino sendiri telah banyak digunakan dalam berbagai bidang sebagai pengendali untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Sedangkat scratch adalah perangkat lunak yang digunakan untuk memprogram Arduino tersebut. Konsep Scratch adalah konsep menyusun blok-blok perintah secara visual. Dikarenakan betapa pentingnya penguasaan bahasa pemrograman tersebut, penulis mencoba melakukan pembelajaran kepada anak SD (Sekolah Dasar), dengan tujuan lebih mempersiapkan bahasa pemrograman pada anak-anak, diama merupakan generasi enerus bangsa agar makin siap dalam persaingan di masa mendatang. Konsep scratch yang berupa visual, diharapkan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam mempelajari bahasa pemrograman Scratch. Scratch for Arduino (S4A) adalah perangat lunak yang diturunkan dari Scratch agar dapat digunakan untuk berinteraksi dengan papan Arduino.
Kata-kata kunci: STEM, Arduino, Scratch, Scratch for Arduino
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Partha, Pratim Ray. 2017. “A Survey on Visual Programming Languages in Internet of Things”, Scientific Programming Volume 2017, Nomor Edisi 1231430
Miguel A. Rubio et al. “Using Arduino To Enhance Computer Programming Courses In Science And Engineering”, Proceedings EDULEARN13 Conference, 1-3 Juli 2013, Barcelona, Spain
Jan Verveckken et al. 2013. “Developing Engineering-oriented Educational Workshops Within a Student Branch”, IEEE EUROCON 2013
P. Michalopoulos et al. 2013. “Introducing STEM to Primary Education Students with Arduino and S4A”, School of Pedagogical and Technological Education (ASPAITE) Branch of Patras, Department of Primary Education, University of Patras.
Filiz Kalelioðlu, Yasemin Gülbahar. 2014. “The Effects of Teaching Programming via Scratch on Problem Solving Skills : A Discussion from Learners’ Perspective”, Informatics in Education, Vilnius University, Vol. 13, No. 1, 33–50
B. Kauèiè, T. Asiè. 2011.”Improving Introductory Programming with
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.