MEDIA INTERAKTIF BAHASA ISYARAT UNTUK PENYANDANG DISABILITAS BERBASIS MULTIMEDIA Studi Kasus: Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas Daerah Istimewa Yogyakarta

Dewi Nuningsih, Setia Wardani, Wibawa Wibawa

Sari


Media Interaktif Bahasa Isarat Untuk Penyandang Disabilitas Berbasis Multimedia (2016). Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Teknik Universitas PGRI Yogyakarta, Oktober 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Bahasa Isarat bagi penyandang disabilitas tuna rungu dan wicara. Salah satu tujuan utamanya adalah supaya siswa mampu mengingat materi dengan baik dan benar. Multimedia adalah salah satu Teknologi Informasi (TI) yang membahas mengenai penggabungan dua atau tiga elemen (suara, gambar dan text). Pemanfaatan multimedia sangat banyak digunakan diberbagai bidang khususnya bidang pendidikan, hal ini dikarenakan selain lebih menarik, proses penyampaian materi juga lebih mudah karena informasi yang akan disampaikan dilengkapi dengan gambar atau video. Metode pengumpulan data yang digunakan penulis dalam penelitian ini antara lain studi pustaka, wawancara, dan penyebaran kuisoner. Kesimpulan dari penelitian ini setelah melalui pengujian kotak hitam (black box test) dan pengujian alfa (alfa test) dari 30 Responden, berdasarkan data yang telah di olah diperoleh hasil bahwa 99 % aplikasi tersebut memiliki klasifikasi yang mudah di pahami, materi yang cukup lengkap, bermanfaat dan tampilan yang di aplikasikan pada materi lebih menarik di bandingkan dengan metode pengajaran manual.

Kata Kunci : Media Pembelajaran,Bahasa Isarat , Multimedia, Macromedia, Adope Flash


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bursono, Murdiati (1993). Pendidikan Anak Tuna Rungu. IKIP: Yogyakarta

Departemen Pendidikan Nasional (2002). Proyek Pengembangan Sistem dan Standarisasi Pengelolaan Pendidikan Luar Biasa. Jakarta

Gunawan, Alexander A.S (2013). Pembelajaran Bahasa Isarat Dengan Mengunakan Sensor Kinect Dengan Metode Dynamic Time Warping.

Hafizul. (2015). Media Pembelajaran Interaktif Tharah Menggunakan Macromedia Flash Versi 8.80

Mangunsong, Frida. 1998. Psikologi dan Pendidikan Anak Luar biasa: Jakarta. UI

Rahayu (2013). Purwarupa Buku Cerita Interaktif Untuk Anak Tuna Rungu Dengan Metode Materna Refleksi Berbasis Multimedia

Zusfindhana, Inna Hamida (2015). Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) dan Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) Oleh Siswa Tuna Rungu Remaja di SLB –B: Bandung

Noertjahyana, A. 2003. Perancangan Dan Pembuatan Sistem Informasi. Jurnal Informatika Vol. 4 , 57 - 64.

Surianto, dodit. 2014. Buku Pintar Pemrograman PHP. Bandung : Osea Media


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.