PENERAPAN ANIMASI 2D PADA MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN LAMPU LALU LINTAS PADA PESERTA DIDIK BERBASIS DESKTOP PC

Puji handayani Putri

Sari


Berdasarkan data primer hasil observasi para guru kesulitan dalam menyampaikan materi pembelajaran secara manual tanpa adanya alat bantu media pembelajaran. Hal ini dikarenakan sebagian besar anak-anak lebih cenderung berlari-larian atau tidak tertib di kelas tanpa adanya fokus dalam pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Oleh karena itu ibu guru berpesan untuk dapat mengemas materi-materi pembelajaran ke dalam sebuah media yang dapat menjadi pusat perhatian anak. Penggunaan media pembelajaran ini dalam proses pembelajaran dapat memotivasi anak dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan. Adapun tema dalam media pembelajaran ini adanya penerapan animasi 2D lampu lalu lintas berbasis desktop PC. Media pembelejaran interaktif ini dikemas sedemikian rupa sehingga dapat menarik dan memudahkan penggunanya (user friendly). Peserta didik diharapkan dapat mengetahui fungsi dari setiap lampu lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu media pembelajaran interaktif pengenalan lampu lalu lintas agar dapat membantu para pengajar untuk bisa lebih mudah dan efektif dalam melakukan proses mengajar selain itu dapat digunakan sebagai sarana belajar sendiri. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dapat membantu dalam proses belajar mengajar dan dapat menambah referensi baru pembelajaran pengenalan lampu lalu lintas pada peserta didik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu media pembelajaran yang dibuat cukup bermanfaat dalam melakukan proses belajar dan peserta didik pun sangat antusias dalam mengoperasikan media pembelajaran interaktif pengenalan lampu lalu lintas ini. Hasil yang diperoleh ialah sebuah alat bantu media pembelajaran pengenalan lalu lintas yang interaktif, menarik, dan user friendly sehingga menjadi alat bantu media pembelajaran yang dapat menjadi pusat perhatian anak-anak, anak-anak menjadi lebih fokus dan dapat menyerap pembelajaran dengan baik.

Kata-kata kunci: media pembelajaran interaktif, pengenalan lampu lalu lintas, animasi 2D, user friendly


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Muhammad Awaluddin. 2016. Pendekatan Viktomologi dalam Kasus Kecelakaan Lalu Lintas yang menyebabkan hilangnya Nyawa Orang lain. Fakultas Hukum, Universitas Hasanuddin Makassar.

Undang-Undang RI. 2004. Pedoman dan Penyediaan dan Pemanfaatan Prasaranan dan Sarana Jalan. Jakarta : Undang – Undang Republik Indonesia.

Diktat Kuliah. 2008. Rekayasa Lalu Lintas. Universitas Widyagama. Malang.

Azwansyah Heri & Ferry Juniardi. 2015. Perencanaan Sinyal Lampu Lalu Lintas Persimpangan Tiga Lengan Pada Jl.Tanjung Raya II – Jl. Panglima Aim Kota Pontianak. Universitas Tanjungpura. Dapat diakseshttp://jurnal.untan.ac.id/index.php/El kha/article/viewFile/12049/11155 pada tanggal 02 Mei 2018

Dewi, PF, 2012. “Upaya Meningkatkan Minat Dan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Pada Siswi Kelas 1 SDN Maospati 3 Kabupaten Magetan”. Skripsi, Universitas IKIP PGRI MADIUN.

Darmawan, Andreas James dkk, 2011. “Perancangan Komunikasi Visual CD Interaktif “Serial Polisi Cilik” Guna Menanamkan Kesadaran Tertib Lalu Lintas Sejak Dini”. Jurusan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Komunikasi dan Multimedia, BINUS University


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.